Defender Black Blue

Jumat, 13 November 2015

Cara Mengawinkan Musang Pandan

Cara Mengawinkan Musang Pandan

Meski tergolong mudah,

mengawinkan musang pandan

dan menernakkan musang pandan ( cara breeding musang pandan) memang dibutuhkan ketelatenan dan perhatian lebih dalammenternakkan musang pandan. Ada beberapa syarat dan prasyarat khusus yang harus dipenuhi calon breeder musang pandan.

Cara Mengawinkan Musang Pandan
Induk musang pandan yang sedang menyusui anaknya
Image taken from facebook.com

Dan berikut adalah cara mengawinkan musang pandan dan cara menernakkan musang pandanyang disusun berdasarkan pengalaman pasien penulis:
1. Sebelum proses mengawinkan musang pandan dan menernakkan musang pandan dimulai, pastikan calon induk musang jantan dan musang betina yang dikawinkan mendapatkan asupan gizi yang seimbang.Asupan gizi yang tidak seimbang pada musang jantan akan membuat proses mengawinkan musang tidak akan berjalan lancar dan asupan gizi yang tidak seimbang pada musang betina akan membuat musang betina susah hamil.

2. Usia ideal musang jantan yang akan dikawinkan diatas 1 tahun 2 bulan, dan usia ideal musang betina yang akan dikawinkan diatas 1,5 tahun. Sebaiknya jangan mengawinkan musang yang usianya dibawah itu.

Sebelum menyatukan musang pandan jantan dan musang pandan betina pada kandang perkawinan, hendaknya musang jantan dan musang betina "dikenalkan" terlebih dahulu dengan menempatkan kandang masing-masing secara berdekatan selama beberapa minggu. Pastikan musang jantan dan musang betina tidak saling serang saat disatukan dalam satu kandang.

3. Cara mengawinkan musang pandan adalah dengan menempatkan musang pandan jantan dan musang pandan betina di kandang perkawinan. Gunakan kandang yang luas sebagai kandang perkawinan, dan tempatkan kandang perkawinan di ruangan yang tenang. Tetap berikan makan dan minum kepada musang yang dikawinkan secara teratur. Observasi perilaku musang saat proses perkawinan dimulai.
4. Ciri musang betina yang sedang hamil adalah sifatnya yang berubah menjadi defensif, baik kepada manusia maupun kepada musang jantan pasangannya.
Saat anda melihat perubahan perilaku ini pada musang betina, segera pisahkan musang pejantan ke kandang lain, dan pindahkan kandang perkawinan ke ruangan sunyi dan bebas dari kebisingan. Sebaiknya, jangan mengganggu musang betina yang sedang hamil. Musang betina yang sedang hamil sebaiknya jangan diajak jalan-jalan atau dimandikan. Meski nafsu makan musang betina akan menurun saat masa kehamilan, pastikan musang betina mendapatkan asupan gizi yang seimbang saat hamil. Dan anda bisa menempatkan kain tebal di dalam kandang sebagai alas melahirkannya.
5. Lama masa kehamilan musang pandan adalah selama 60 hingga 70 hari. Selama masa observasi tersebut, lihatlah terus perkembangan kehamilan musang. Selain mengalami perubahan psikis berupa defensif kepada manusia, musang yang hamil juga mengalami perubahan secara fisik yaitu perutnya terlihat membesar serta tumbuhnya puting susu di perutnya. Bisa dikatakan, ciri kehamilan musang pandan berupa perut yang membesar serta puting susu yang mulai tumbuh adalah ciri musang pandan yang hamil yang paling terlihat secara fisik.

6. Setelah melewati masa kehamilan, musang betina akan melahirkan bayi musang (puppies). 
Jumlah anak musang yang dilahirkan induk musang biasanya berjumlah 2 sampai 5 ekor bayi musang. Jangan memegang bayi musang hingga si bayi musang lepas sapih (tidak lagi disusui induknya). Lamanya waktu menyusui induk musang ke bayi musang adalah selama 2 hingga 3 bulan.

7. Bayi musang dilahirkan induknya dengan mata tertutup. Mata bayi musang mulai terbuka saat usia bayi musang menginjak 3 minggu. Bayi musang bisa dipindahkan ke kandang lain saat bayi musang tidak lagi menyusui ke induknya dan bayi musang sudah belajar makan makanan sendiri. Anda bisa memberikan makanan berupa bubur bayi kental kepada bayi musang yang baru belajar makan sendiri.

Demikian adalah

cara mengawinkan musang pandan

dan cara menernakkan musang pandan. Dengan artikel cara mengawinkan musang tersebut, penulis berharap banyak orang yang terbantu dalam menernakkan musang. Saran, kritik, serta komentar bisa disampaikan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

Sumber : http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2014/02/cara-mengawinkan-musang-pandan.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar