Defender Black Blue

Jumat, 13 November 2015

PENGOBATAN MUSANG DIARE,PUP BERDARAH DAN TIDAK NAFSU MAKAN

PENGOBATAN MUSANG DIARE,PUP BERDARAH DAN TIDAK NAFSU MAKAN

Penyakit yang sering terjadi pada musang mempunyai gejala yang sama terjadi pada kucing dan anjing dan di kenal sebagai penyakit Parvovirus dan Distemper
Pada gejala musang yang sakit mungkin saja sama nama penyakitnya, di karenakan belum ada pemeriksaan kotoran ke laboratorium untuk mengetahui kuman penyebab penyakitnya, saya hanya dapat mengatakan musang yang diare berat.
Penyakit-penyakit yang di sebabkan oleh virus sampai saat ini banyak yang belum ada obatnya, akan tetapi dengan manjemen penanganan yang benar kita dapat membantu kelangsungan hidup musang sakit dengan pemberian asupan makanan bergizi, suplemen dan vitamin yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh musang ketika sakit karena bila dalam 1 minggu bisa melewatinya dalam 2 minggu musang kita akan normal/sehat kembali.

Tanda gejala yang terjadi sbb :
  1. Diare terus menerus
  2. Pup berlendir, pup berbau amis, pup berdarah,
  3. Mual kadang disertai muntah-muntah
  4. Mata sayu,cekung mata dan hidung kering berkerak atau basah berlebihan (abnormal)
  5. Anemia/lesu, bulu kusam, 
  6. Tidur melengkung menyembunyikan kepala seperti bersujud
  7. Tidak nafsu makan
Keterlambatan penanganan pada gejala yang terlihat bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh musang dan bila tahap dehidrasi berat bisa membuat kerusakan fungsi ginjal dan otak yang merambat pada kerusakan organ tubuh lainnya hingga berujung kematian yang cepat.

Siapkan obat, suplemen dan vitamin sbb :
  1. Cefixime kapsul/syrup 100mg (mematikan dan mengurangi mikroba/amuba merugikan dalam usus tubuh)
  2. Imodium (mengurangi gerakan usus agar tidak pup terus, pakai bila benar2 diperlukan saja)
  3. Starmuno (suplemen makanan peningkat daya tahan tubuh)
  4. Bicombion drops (membantu memperlancar metabolisme dan syaraf tubuh)
  5. Curcuma plus (suplemen vitamin/nafsu makan)
  6. Pocari sweat (cairan pengganti elektrolit tubuh yang hilang karena diare)
  7. Air putih matang/aqua (pengencer cairan pocari) 
  8. Bubur sun pisang
  9. Bubur sun beras merah
  • untuk obat suplemen dan vitamin dapat di beli langsung di apotek, untuk bahan makanan dan minuman bisa kita dapat dari minimarket

Alat pendukung sbb :
  1. Spet suntik khusus ukuran 1ml, lepaskan jarumnya, siapkan beberapa buah untuk cadangan
  2. Gelas bening
  3. Sendok teh
  4. Glove tebal kulit untuk las
  5. Kain lebar bersih
  6. Tissue kering/basah
  7. Antis pencuci tangan/merk apa saja

Cara pemberian obat sbb:
  1. Cefixime pilih salah satu mau yang jenis kapsul atau syrup saja, untuk kapsul bila berat di bawah 4 kg bisa di berikan  1/4 kapsul saja, 2X sehari, selama 5-7 hari, bila memakai cefixime syrup sedot 1ml saja dengan spet suntik di berikan langsung dari pinggir mulut. Cara pemberian  bubuk kapsul antibiotik, siapkan gelas isi dengan air bening sedikit saja taburkan bubuk kapsul kedalamnya, sedot butirannya dengan spet suntik bersama airnya, di spetkan ke musangnya melalui sisi pinggir mulut musang. Berikan antibiotik 2 x sehari sesuaikan dosisnya dengan tepat dan tidak boleh berlebihan 
  2. Imodium berbentuk tablet kecil untuk musang bisa di berikan 1/6 - 1/4 kapsul. berikan pada musang2 di atas usia 6 bulan up saja. Imodium ini kerjanya menghentikan gerakan usus penyebab buang-buang air yang terus menerus bila diberikan berlebihan tdk sesuai dosis bisa menyebabkan usus melintir dan kematian mendadak. kalau memang sangat tidak perlu tidak usah di gunakan.
  3. Starmuno di sedot cairannya sebanyak 1ml di spetkan kemusang 2 X sehari.
  • Dalam pemberian antibiotik sebaiknya tepat dosis, tepat waktu dan kontinyu  tidak boleh terputus, serta tidak berlebihan, antibiotik yang berlebihan dan tidak teratur akan menyebabkan kuman semakin kuat.
  • Antibiotik hanya efektif untuk mematikan bakteri/amuba merugikan. Untuk sakit dikarenakan virus akan sembuh sendiri, akan tetapi selama masa kritis tersebut kita wajib menjaga daya tahan tubuh si musang

Cara pembuatan makanan sbb :
  1. Siapkan gelas bening masukan 1 sendok teh bubur sun pisang dan 1 sendok teh sun beras merah, 2 tetes  bicombion drops, 1/4 sendok teh curcuma plus,  tuangkan air Pocari sweat hingga 40 cc. encerkan dengan air 20 cc. aduk semua campuran hingga menyatu dan menjadi makanan yang cair.
Catatan :
  • Untuk penambahan madu, sari kurma, gula,garam,oralit, renalyte, pedialyte, air isotonik/hydrococo/air kelapa, boleh saja, atau merk /vitamin  bisa pakai merk apa saja yg setingkat dan dosis kecil, jangan berlebihan, semua boleh di pakai.
  • Untuk makanan cair yang dibuat harus sekali habis, jika berlebih sebaiknya di buang saja, pada jam berikutnya bisa membuat lagi.

Cara pemberian makanan  sbb :
  1. Untuk musang jinak, pakai spet suntik sedot makanan hingga full 1ml, dekatkan ke pinggir belakang hingga mulut membuka sendiri, spet langsung kita dorong cepat atau lambatnya tergantung dari ketenangan dan kejinakan si musang.
  2. Untuk musang cukup galak atau liar, gunakan Glove kulit gunakan pada tangan kiri fungsinya buat menahan dan menjaga tangan kanan yang akan menspetkan cairan makanan ke pinggir mulutnya.
  3. Untuk musang yang terlalu lincah bisa kita bedong seperti bayi/lipat gulung badan musang dengan kain lebar sehingga tidak bisa bergerak bisa di lakukan oleh 2 orang.
  4. Untuk musang yang selalu mual bila masuk makanan, berikan cairan makanan sedikit-sedikit dahulu. ketelatenan dan kesabaran waktu anda menentukan masuk tidaknya makanan dengan baik dan cukup.
  5. Untuk musang yang selalu muntah berikan makanan sedikit saja beberapa spetan,lakukan spetan 1 jam sekali atau di bawa ke dokter hewan secepatnya untuk mendapatkan cairan invus via bawah kulit, serta mendapat suntikan obat dan vitamin.  
Catatan :
  • Dalam pemberian makanan cair sangat bagus dengan membuat makanan yang berbentuk cair karena akan mudah ditelan dan usus bermasalah cepat dalam menyerapnya.
  • Musang yang baru mengalami gejala  dan masih mau makan-minum sendiri akan sangat mudah di obati,  taburi saja obat,suplemen dan vitamin dimakanan atau minumnya sedikit dahulu kalau sudah makan/jilat habis baru makanan /minuman yang sebenarnya di berikan, bisa di bantu dengan potongan dadu kecil buah pisang atau pepaya.
  • Untuk yang sudah tidak mau makan sama sekali bisa di bantu dengan spet makanan secara rutin sesuaikan dengan berat badan tubuh untuk jumlah makanan yang masuk dalam 24 jam.
  • Jangan lupa setelah pemberian makanan sebaiknya mulut musang di bersihkan dengan tissue kering dan pup di anusnya sebaiknya di bersihkan juga dgn tissue basah dan kering. Tangan kita juga sebaiknya di sterilkan dengan mencuci tangan dengan sabun atau handclean(antis) sebelum dan sesudah memegang musang.

Hitungan berapa banyak makanan cair yang harus masuk dalam 24 jam untuk menghindari maal nutrisi dan dehidrasi berat.
  • Musang berat -+2 kg, hitungannya 120ml/kg/hari, berarti kita wajib memberikan dalam 24 jam musang kita berarti 120ml x 2(kg) = 240 ml, bila di bagi 4 kali pemberian makanan,(jam 08.00/12.00/16.00/21.00 wib)berarti sekali kasih -+ 60 ml atau 60 kali spetan 1ml.  Hitungan ini sangat felksibel kita bisa mengurangi spetan makanan cair akan tetapi frekwensi waktu pemberian menjadi  5- 6 X dalam 24 jam.
  • Untuk pembuatan makanan ini kita fokuskan contoh untuk musang dengan berat -+2 kg, untuk yang beratnya lebih dari itu silahkan di hitung sendiri kebutuhannya.
  • Untuk itu musang-musang yang mengalami obesitas bila mengalami sakit diare ini kemungkinan daya tahan hidupnya sangat kecil, karena sulitnya kita mengatasi keseimbangan cairan yang hilang dengan pemasukan cairan tubuh.

Catatan :
  • Untuk musang-musang yang terlihat tanda2 sakit baik yang baru atau yang sudah parah yang terbaik adalah dengan segera membawa ke poliklinik doikter hewan secepatnya. Di sana kita dapat konsultasi dengan lebih baik lagi pada ahlinya.
  • Hampir sebagian besar kematian musang yang diare mati dikarenakan dehidrasi berat, untuk musang yang diare, wajib di jaga jangan sampai kekurangan cairan. musang tidak makan 1 minggu tidak masalah yang penting harus masuk terus cairan

  • Untuk apa yang sudah saya uraikan dalam dokumen ini adalah berdasarkan hasil praktek dan pengalaman pribadi semata, dan tingkat keberhasilan yang tinggi.
  • Penanganan musang ketika diketahui sakit sebaiknya segera di tangani secepatnya jangan menunggu lebih parah, Diare yang terjadi dari hari pertama cukup bisa mematikan masuk di hari ke-3-4.

Demikianlah dokumen ini di buat semoga mempunyai manfaat dan menambah pengetahuan kita
 semua di MUSANG LOVERS INDONESIA, silahkan disebarkan luaskan jika diperlukan.

Sumber : https://www.facebook.com/notes/musang-lovers/pengobatan-musang-diarepup-berdarah-dan-tidak-nafsu-makan/672136066188250

Tidak ada komentar:

Posting Komentar